Awal Mei lalu, Cherrypop Festival menginisiasi sayembara gambar tempel (stiker). Sayembara ini terbuka untuk umum, dimana publik mengirimkan desain teknik tipografi bertuliskan “CHERRYPOP”. Dari 210 partisipan, dipilih 10 desain gambar tempel yang dicetak massal. Stiker-stiker ini hanya bisa didapatkan di On The Pop secara cuma-cuma.
Menurut Marcom Cherrypop 2025 Bayu Kristiawan, aktivasi ini terinspirasi dari helm-helm para penggemar band, festival, konser, dan distro, yang kerap dipenuhi stiker. “Kenapa nggak stiker Cherrypop aja yang mereka tempel? Kan lumayan tuh kalau berhenti di lampu merah, liat helm, eh ada stiker Cherrypop!” katanya.
Meski hanya 10 yang terpilih, dua ratus sisanya tetap diapresiasi dalam bentuk pameran stiker di On The Pop. Harapannya siapapun yang berkunjung ke sana dapat melihat hasil kreativitas para peserta dan dapat menarik lebih banyak pengunjung.
Sayembara ini merupakan wujud mutualisme antara Cherrypop Festival, Cherry Merch, dan On The Pop. Bermula dari ide memasifkan “campaign” Cherrypop Festival, dikemas dalam bentuk stiker sebagai pernak-pernik merchandise, hingga pameran karya yang akan dipajang sebagai dekorasi “markas” Cherrypop itu sendiri.
“Biasanya festival pada buka submission poster, yang stiker ini aku sejauh ini belum pernah nemu. Kalaupun ada stiker, itu mungkin hasil kolaborasi dengan visual artist atau jadi official merchanidse. Sedangkan ini benar-benar organik direspon oleh warga. Jadi mungkin yang ngadain sayembara stiker setauku baru ini (Cherrypop),” ujar Bayu. (*)
Penulis: Balma Bahira Adzkia
Baca juga


