Candi_Banyuibo_yang_terletak_di_Desa_Cepit_Kecamatan_Bokoharjo_Kabupaten_Sleman_Yogyakarta-1

Candi Banyunibo Jadi Lokasi Cherrypop Festival 2024

Candi Banyunibo yang bercorak agama Buddha ini dibangun pada abad ke 9 di era Kerajaan Mataram Kuno. Di Jawa, Banyunibo memiliki arti air yang jatuh dan menetes. Candi ini dulu oleh warga sekitar sering disebut dengan “Si Sebatang Kara Banyunibo”, karena letaknya yang terpisah dengan candi lainnya. 

Letak Candi Banyunibo dekat dengan Candi Ijo dan Candi Ratu Boko. Keberadaan stupa di bagian atas menjadi ciri khas dari agama Budha yang bisa dilihat pada candi ini. Saat pertama kali ditemukan, candi ini masih dalam keadaan rusak dan runtuh, dan mulai didirikan kembali di tahun 1940an.

Video Kawasan Candi Banyunibo

Lokasi Candi Banyunibo berada di Cepit, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Candi ini mudah dijangkau karena cukup dekat dengan pusat Kota Yogyakarta, dan tidak begitu jauh dengan lokasi obyek wisata Candi Ratu Boko.

Kawasan Candi Banyunibo sepertinya sudah siap menampung lebih kurang dua puluh ribu muda-mudi untuk “sing a long” bersama musisi idola mereka, sembari menikmati aneka sajian khas skena di Cherrypop Festival 2024.

Selain karena tempatnya luas, rindang, sejuk, banyak pohon, nyaman buat jingkrak-jingkrak dan bengok-bengok looosss sampe kewer-kewer, ternyata tempat ini juga menyimpan cerita mitos yang luar biasa. Setelah dipertimbangkan secara matang dan terukur, cerita mitos tersebut ada kaitannya dengan apa yang akhir-akhir ini kita cari.

Penasaran?

foto sampul: Indonesia Kaya

Scroll to Top